”Guru Juga Harus Tetap Belajar”

”Guru Juga Harus Tetap Belajar”

Itulah sebait kata yang tepat untuk menggambarkan kegiatan Upskilling & Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri yang diselenggarakan Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui BBPPMPV Cianjur di berbagai tempat industri. Yuasafood menjadi salah satu perusahaan yang ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan ini. Kurang lebih 13 Guru dari SMK Kejuruan APHP se- Jawa Tengah & Jawa Timur menimba ilmu serta memperluas wawasan disini selama satu bulan. Jika guru biasanya mengajar dan membimbing para muridnya, kali ini mereka kembali belajar dan mempraktikkan teori yang dikuasai. Namun ada sesuatu yang menarik dari kegiatan ini, yaitu ketika salah seorang peserta mengaku bahwa dirinya bukanlah guru kejuruan APHP melainkan guru TIK. Beliau mengaku bahwa dirinya hanya iseng mencalonkan dirinya sebagai peserta Upskilling & Reskilling ini dan ternyata beliau terpilih sebagai salah satu peserta dari sekian banyak calon peserta yang mendaftarkan diri, Beliau sangat bersyukur dan sangat senang karena kegiatan ini dapat menambah ilmunya serta bertekad akan mengalirkan ilmunya kepada dewan guru serta para siswanya. Walaupun demikian para pahlawan tanpa tanda jasa ini sangat mudah untuk beradapatasi karena team Yuasafood sangat terbuka dan rasa kekeluargaan yang begitu kuat. Para guru melaksanakan pelatihan ini dengan diberikan materi baik teori maupun praktik secara langsung, tidak jarang mereka diajak belajar outing class baik pengenalan bahan baku langsung dari petani maupun berkunjung ke UMKM lain sebagai tambahan ilmu yang mungkin bisa dipraktikkan di daerah masing-masing tentunya dengan komoditas yang berbeda sesuai daerahnya. Mereka diajak langsung ke kebun Carica Dieng secara langsung karena hanya sedikit dari mereka yang mengetahui tentang buah yang menjadi Primadona Wonosobo ini. "Kalau makan yang sudah diolah sudah pernah, tapi belum pernah liat buahnya" kata salah satu peserta. Ada juga yang sangat terkagum-kagum saat pertama kali melihat buah unik ini "Saya kira buahnya itu seperti pepaya eh ternyata jauh berbeda, bentuknya itu seperti belimbing tapi baunya itu hampir mirip dengan sirsak dan ini sangatlah unik bagi saya" begitulah katanya.

Dalam pembelajaran sehari-hari, sebelum melakukan aktivitas peserta diajak berdoa sesuai keyakinan masing-masing, briefing pagi dan juga senam pagi, kegiatan ini bertujuan untuk meminta kelancaran saat aktivitas dan juga pemanasan agar badan menjadi rilex dan pikiran menjadi fresh karna seperti yang kita tahu bahwa udara di kota Wonosobo saat pagi itu sangat dingin dan lebih dingin dari sikap dia ke kamu haha. Kemudian mereka bergabung dengan para karyawan Yuasafood, sambil beraktivitas mereka seringkali bercerita tentang berbagai macam masalah dan kehidupan di planet ke 3 ini. mereka saling bertukar pikiran, berbalas candaan dan ketika terjadi suatu masalah atau kesulitan para karyawan sangat sigap membantu para peserta karena mereka merupakan dari keluarga karyawan Yuasafood. Semua peserta sangat senang karna rasa kekeluargaan yang terbentuk itu nyata dan dapat dirasakan. "Saat mau berangkat kesini terasa sangat berat karena harus meninggalkan keluarga dirumah, namun setelah sampai sini alangkah bahagianya kami bisa mendapatkan keluarga baru sehingga walaupun jauh dari keluarga di rumah kami tetap merasa dirumah sendiri" itulah sepatah kata yang di ucapkan oleh salah seorang peserta, memang kenyataannya begitu kami team Yuasa sangat memegang teguh rasa kekeluargaan yang erat sehingga terciptanya hidup rukun dan damai.

Setelah beberapa waktu peserta diberikan materi, praktik bersama karyawan kemudian peserta mengikuti UKK dengan mempraktikan semua ilmu dan wawasan yang selama ini dipelajari, mereka sangat antusias dan sangat berusaha agar mereka mendapatkan nilai dan hasil yang terbaik. Namun sebelum itu lebih dahulu diadakan kegiatan Pra-UKK untuk mematangkan para peserta sehingga pada waktu UKK peserta sudah benar-benar menguasai ilmu dan wawasan yang diajarkan. Didasari edngan semangat, tekad yang kuat dan team Yuasafood yang terbuka, para peserta berhasil lulus 100% dengan nilai yang baik. 

Waktu berlalu bak kilat yang menyambar, sangat cepat dan tidak terasa sudah satu bulan kegiatan ini berjalan. Kini tibalah saat-saat yang sangat mengharukan, dimana keluarga kecil yang terbentuk sanagt erat walaupun dengan waktu yang singkat harus berpisah. Momen haru ini diakhiri dengan acara penutupan yang dihadiri oleh Perwakilan dari BBPPMPV Cianjur, acara berlangsung dengan dilema karena harus memisahkan keluarga ini, namun apa daya itulah yang harus dijalani, baik dari peserta maupun team Yuasafood hanya bisa saling mendoakan dan berharap semua ilmu dan wawasan yang telah diperoleh dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan ditularkan kepada para siswa.