Bertahan dan Terus Eksis di Era Covid ini..

Bertahan dan Terus Eksis di Era Covid ini..

Hampir satu tahun sudah negara kita, bahkan dunia mengalami krisis karena pandemi covid 19, semua terkena dampak dari pandemi ini, baik sektor ekonomi, sektor pemerintah, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan sebagainya. Para pengusaha baik itu pengusaha besar maupun UKM tak luput terkena imbas dari pandemi ini. Ditahun ini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang merumahkan banyak karyawannya karena pandemi ini tapi justru banyak sekali UKM-UKM yang bermunculan ditengah-tengah pandemi ini, bahkan 99% lapangan pekerjaan saat ini diciptakan oleh UKM-UKM. Salah satunya CV. Yuasafood Berkah Makmur yang ber alamat di Jl. Dieng Km. 3,5 Krasak, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah. Yuasafood merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan buah dan sayur dengan produk utamanya yaitu Carica Buavica. Mungkin banyak orang yang masih asing dengan buah carica ini, karena memang buah carica ini hanya bisa tumbuh di dataran tinggi Dieng. Rasanya yang unik dan tiada duanya menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Yuasafood mempunyai 4 outlet dan sangat bergantung pada pariwisata Dieng. Namun karena pandemi ini banyak sekali objek-objek wisata yang tutup sehingga menyebabkan berkurangnya daya beli bahkan sampai 80%. Disaat daya beli produk utama turun inilah pengusaha harus memutar otak untuk tetap bisa bertahan. Ya sebut saja Bapak Trisila yang memiliki nama lengkap Trisila Juwantara, beliau adalah owner dari CV. Yuasafood Berkah Makmur. Beliau memiliki tekad dan semangat pantang menyerah yang sangat tinggi, bagaikan terhantam badai namun tak ikut tersapu, dihantam sunami namun tidak ikut hanyut, ya begitulah semangat dan tekad beliau.

Disaat pandemi ini beliau mampu memberikan contoh bagi para pengusaha "Pandai-pandai membaca peluang" itulah kata yang selalu menjadi prinsip utama di era pandemi ini. Disaat dunia pariwisata tutup dan daya beli menurun drastis, beliau menjalankan kerja sama maklun dengan salah satu perusahaan. Hal ini menjadi salah satu jalan agar tetap bertahan. Setelah kerja sama ini terbentuk maka para karyawan dari Yuasafood memulai proses produksi. Benar saja, karena permintaan yang sangat melonjak dan produk itu booming, karyawan bisa bekerja hingga hampir 24 jam dengan 2 kali sift tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Begitulah sedikit cerita tentang CV. Yuasafood Berkah Makmur yang mampu bertahan dan terus eksis ditengah pandemi ini, namun tekad, semangat pantang menyerah yang kuat dan pandai membaca peluang menjadi kunci untuk terus bertahan dan terus maju.

@yuasafood